Kamis, 13 Desember 2012

Cara Merawat Dan Membersihkan Laptop / netbook Dengan Benar

Share on :

Meskipun cara merawat laptop terbilang cukup mudah, namun pada kenyataannya masih banyak para pengguna laptop atau notebook yang belum memahami dengan benar bagaimana cara merawat serta membersihkan sebuah laptop. Tak seperti komputer PC yang memiliki tingkat kekuatan serta ketahanan yang jauh lebih baik, laptop merupakan salah satu perangkat kerja yang cukup rentan dan mudah mengalami kerusakan terutama jika Anda tak rajin-rajin membersihkannya.

Laptop atau notebook sesuai fungsinya bisa di istilahkan sebagai komputer portable berbentuk simpel yang bisa dengan mudah dibawa-bawa sesuai kebutuhan. Penggunaan laptop yang portable inilah yang kemudian justru menjadi alasan mengapa laptop lebih memerlukan perawatan khusus dibanding perangkat komputer personal atau PC. Melalui artikel ini, saya akan memberikan beberapa tips dan cara merawat laptop agar tidak cepat rusak. Komponen-komponen laptop bisa dibilang cukup mahal dengan kisaran harga ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupiah. Oleh sebab itu semoga saja informasi mengenai perawatan pada laptop ini bisa bermanfaat untuk Anda. Adapun beberapa cara atau metode yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan laptop adalah sebagai berikut:




1. Jauhkan laptop Anda dari benda-benda yang bersifat cair, tajam dan benda-benda yang memiliki daya magnetis (magnet). Magnet bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen didalam laptop akibat daya medan magnet yang dikeluarkannya. Kerusakan yang ditimbulkan biasanya dengan gejala LCD abnormal block/flare (spot berwarna ungu atau hitam) pada tampilan LCD. Selain itu magnet yang didekatkan ke laptop bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem dan data. Jika laptop terkena air maka bisa langsung dikeringkan dengan menggunakan tisu atau pengering rambut (hair dryer) supaya tidak terjadi korosi pada komponen. Seperti yang telah diketahui bahwa air merupakan salah satu elemen penyebab korosi (karat) pada material padat seperti besi dan timah. Oleh karenanya gunakan teknik ini untuk mencegahnya.

2. Gunakan lap halus untuk membersihkan LCD. Untuk kotoran yang telah mengering, Anda bisa menggunakan lap yang dibasahi dengan sedikit cairan yang kemudian diusap-usapkan ke LCD. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal lagi Anda juga bisa menggunakan  LCD Cleaner saat membersihkan LCD. Saat menggunakannya, sebaiknya dengan tidak menyemprotkan langsung akan tetapi dengan menyemprotkannya terlebih dahulu pada kain halus atau sponge.

3. Pada bagian tuts keyboard yang kotor Anda bisa menggunakan kuas halus atau bisa juga menggunakan kuas kosmetik seperti powder brush yang bisa menjangkau hingga ke bagian sela-sela keyboard laptop.

3. Lakukan scan untuk setiap flashdisk, kartu microSD, handphone ataupun perangkat penyimpan data lainnya yang terkoneksi dengan laptop. Untuk hal ini Anda bisa memproteksi laptop dengan menggunakan sebuah Antivirus. Antivirus merupakan aplikasi keamanan standar yang harus ada di laptop Anda. Mencari sebuah Antivirus yang bagus pada saat ini merupakan hal yang mudah mengingat begitu banyak Antivirus gratis terbaik dan terbaru edisi full versionyang bisa Anda instal dan melakukan update secara otomatis saat terkoneksi ke internet.

4. Untuk menghindari panas yang berlebihan pada notebook, Anda bisa menggunakan sebuah alat yang bernama cooling pad. Cooling pad merupakan sebuah alat pendingin berbentuk kipas yang ditempatkan pada bagian bawah notebook. Cooling pad biasanya menggunakan port konektor USB sebagai catu daya (sumber kelistrikannya). Saat menggunakan cooling pad, selalu pastikan bagian alasnya menggunakan media yang datar, bersih serta bebas dari debu, contohnya seperti di atas meja khusus. Hindari pemakaian cooling pad di atas karpet karena justru bisa mengakibatkan debu-debu serta kotoran tersedot masuk kedalam laptop.

5. Voltase listrik yang turun naik juga bisa menyebabkan laptop Anda menjadi cepat rusak. Untuk mencegahnya maka Anda bisa menggunakan sebuah alat yang bernama "Surge Protector" atau "Stabilizer" yang berfungsi untuk melindungi perangkat elektronik dari adanya gangguan ataupun ketidakstabilan sumber listrik.

6. Gunakan tas pelindung laptop untuk menghindari guncangan saat Anda membawa laptop. Selain sebagai peredam guncangan, tas pelindung laptop juga berfungsi untuk melindungi laptop terhadap benda-benda atau hal-hal berbahaya yang membuat laptop Anda menjadi cepat rusak, misalnya seperti air, benda tajam dan juga panas.

Itulah beberapa info mengenai cara merawat dan membersihkan laptop. Rawat dan bersihkanlah laptop Anda secara teratur serta berkala agar laptop menjadi lebih awet sehingga tidak gampang rusak. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?. Selamat mencoba tips ini.

Baca juga:
Meningkatkan daya ingat dengan yoga
 Cara sholat khusyuk 
Tips menghilangkan komedo 

(http://www.teknologiz.com)

0 komentar:

Posting Komentar