Senin, 10 Desember 2012

Berani Berwisata ke "Gerbang Neraka" ??

Share on :
Berwisata ke pantai ataupun pegunungan?? itu sihh biasa. Bagaimana kalo berwisata ke gerbang neraka?? Mendengar kata "NERAKA", pasti yang dibenak kalian adalah sebuah tempat yang sangat mengerikan yang didalamnya berkobar api yang sangat panas yang diciptakan tuhan sebagai hukuman bagi manusia yang durhaka. Nama itulah yang diberikan oleh masyarakat untuk sebuah fenomena langka yang sangat membuat kita takjub, sangat indah memang untuk dilihat tetapi dibalik keindahan itu tersimpan kengerian yang amat sangat yang tidak diinginkan semua orang.

Pada tahun 1971 sebuah pengeboran dilakukan di daerah Derweze (kadang juga disebut Darvaz) di Turkmenistan. Karena di daerah tersebut kaya akan gas alam, maka para ahli Geologi melakukan pengeboran gas alam di daerah tersebut. Dan dari pengeboran tersebut para ahli Geologi menemukan sebuah gua yang terdapat banyak gas alam di dalamnya. Demi menghindari hal yang tidak diinginkan, sebab di dalam gua tersebut terdapat gas beracun juga, maka diputuskan untuk melakukan pembakaran gas.
Namun siapa yang menyangka, ternyata api tersebut tidak pernah padam meski telah berpuluh - puluh tahun menyala.

Warga sekitar kemudian menyebutnya tempat itu dengan sebutan The Door to Hell. Lubang raksasa tersebut berada di daerah gurun Karukum Turkmenistan.
Api yang berada di sekitar kawah itu pun tak pernah padam bahkan meski diguyur hujan sekalapun. keabadian itu pun berlangsung hingga hampir 40 tahun. Menurut ilmuwan,yang membuat api di kawah tersebut tak bisa padam karena gas alam yang terus menerus keluar dari tanah di dalam kawah tersebut, Gurun Karakum, yang meliputi sebagian besar wilayah Turkmenistan, terletak di sebelah timur Laut Kaspia. Laut Aral terletak di utara, sementara Sungai Amu Darya dan Gurun Kyzyl Kum berada di timur laut nya. 
Area gersang itu menyimpan anugerah yang berlimpah: gas alam. Meski dianggap bisa menghambat pengeboran di lokasi itu, "Gerbang Neraka" menjadi daya tarik wisatawan manca negara. Sekaligus membuat nama negara pecahan Uni Soviet itu dikenal dunia.

Jadi bagaimana?? Berniat buat jalan-jalan ke gerbang neraka?? Bagi kalian yang berminat untuk berwisata ke tempat ini, sebaiknya jangan mengunjunginya pada siang hari. Sebab bara api yang menyala akan sangat terasa hawa panasnya, terlebih letaknya di tengah padang pasir. Jadi bisa di bayangkan bagaimana panasnya kalo berada disana pada siang hari. Lebih baik baik melanconglah pada malam hari, sebab suhu udaranya lebih rendah dan api dalam lubang akan menjadi satu-satunya sumber cahaya.

0 komentar:

Posting Komentar