Struct adalah tipe data bentukan yang berisi kumpulan variabel-variabel yang bernaung dalam satu nama yang sama dan memiliki kaitan satu sama lain.
Berbeda dengan array hanya berupa kumpulan variabel yang bertipe data sama, struct bisa memiliki variabel-variabel yang bertipe data sama atau berbeda, bahkan bisa menyimpan variabel yang bertipe data array atau struct itu sendiri.
Variabel-variabel yang menjadi anggota struct disebut dengan elemen struct.
Bentuk umum :
typedef struct {
tipe_data <nama_variable_1>;
tipe_data <nama_variable_2>
. . . .;
Tipe_data <nama_variable_n>
}
Cara Penggunaan Struct dan Pengaksesan Elemen-elemennya
- Penggunaan/pemakaian tipe data struct dilakukan dengan membuat suatu variabel yang bertipe data struct tersebut.
- Pengaksesan elemen struct dilakukan secara individual dengan menyebutkan nama variabel struct diikuti dengan operator titik (.)
- Misalnya dengan struct mahasiswa seperti contoh di atas, kita akan akses elemen-elemennya seperti contoh berikut:
Contoh coding menghitung Lingkaran :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#define phi 3.14
//langsung dianggap variabel 'lingkaran'
struct {
float jari2;
float keliling;
float luas;
} lingkaran;
//fungsi void untuk menghitung luas ingkaran
void luasLingkaran(){
//langsung menggunakan luas lingkaran asli
lingkaran.luas = lingkaran.jari2 * lingkaran.jari2 * phi;
printf("\nLuas lingkaran = %f",lingkaran.luas);
}
//fungsi yang mengembalikan nilai float untuk menghitung keliling lingkaran
float kelLingkaran(float j){
return 2*phi*lingkaran.jari2;
}
int main(){
clrscr();
printf("Jari-jari = ");scanf("%f",&lingkaran.jari2);
//panggil fungsi luasLingkaran
luasLingkaran();
//panggil fungsi keliling, nilai kembaliannya dikirim ke keliling lingkaran asli
lingkaran.keliling = kelLingkaran(lingkaran.jari2);
//tampilkan keliling lingkaran asli
printf("\nKeliling lingkaran = %f",lingkaran.keliling);
getch();
}